Cara Menggabung Beberapa Blog Ke Dalam Satu Akun Email - Bro Christo

Blognya Blogger Pemula

Responsive Ads Here
Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday, September 15, 2017

Cara Menggabung Beberapa Blog Ke Dalam Satu Akun Email



Sebagai blogger pemula saya mulai serius untuk menekuni aktivitas blogging. Hal tersebut yang membuat saya terpacu untuk membuat beberapa blog dengan niche yang berbeda-beda, karena kebetuan ada ide yang berbeda-beda pula. Berdasarkan literature dari blogger-blogger master yang saya baca, sebaiknya membuat blog untuk tema tertentu (satu niche saja untuk satu blog) dan bila ingin menulis dengan tema lain atau yang sama sekali tidak berhubugan dengan tema blog, sebaiknya di blog lain agar blog yang sudah dibangun dengan niche tertentu tersebut tidak menjadi blog gado-gado.

Pikiran saya adalah bila membuat blog baru sebaiknya membuat akun email baru. Supaya akun email yang lama tersebut tidak terkontaminasi (hahaha). Saya sempat menjalankan hal tersebut, yaitu membuat beberapa blog dengan akun masing-masing. Lama kelamaan saya rasa aktivitas ngeblog yang seperti itu sangat merepotkan. Sehingga akhirnya saya memutuskan untuk menggabungkan  beberapa blog tersebut  ke dalam satu akun email saja. Akhirnya saya rasa aktivitas ngeblog lebih sederhana, terutama dalam hal login blog.

Pada postingan saya yang berjudul Perbedaan Menggabungkan Dua Akun BlogMenjadi Satu Akun Blog dengan Merge Blog, saya telah menulis mengenai pengertian penggabungan beberapa blog ke dalam satu akun dan merge blog. silahkan dilihat-lihat.

Bagi teman-teman blogger yang mengalami hal seperti yang saya rasakan, berarti teman-teman blogger tidak salah alamat (hehehe). Misalkan kita memiliki beberapa blog untuk dikelola dan ingin agar blog tersebut lebih mudah untuk dikelola berikut tahapan-tahapan menggabungkan beberapa blog ke dalam satu akun email.


Agar lebih mudah saya membuat permisalan berikut

Nama Blog
Akun Email
Blog
A
A
Blog Utama
B
B
Blog yang akan digabung

Pertama : Login ke blog B dengan menggunakan akun B tentunya (gambar 1).
Login ke blogger menggunakan akun B
Kedua : pada halaman dashboard blog anda (B) cari dan pilih setelan + dasar pada bilah menu sebelah kiri. Pada jendela pilihan, cari Izin + Penulis Blog, lalu pilih tambah penulis kemudian tuliskan alamat email A yang digunakan untuk login blog A anda yang satunya. Kemudian tekan undang Penulis (gambar 2). Biarkan jendela tersebut tetap terbuka.

Mengundang penulis
Ketiga : buka jendela baru browser anda. Silahkan login ke Akun email A anda. Buka inbox yang berisi undangan dari Blog B tadi. Pilih Accept Invitation yang berada ditengah-tengah isi inbox undangan tadi (gambar 3). Lalu pada jendela berikutnya pilih masuk pada kotak yang berwarna merah (gambar 4).  Kemudian pada jendela berikutnya pilih Terima Undangan (gambar 5). 
 
Gambar 3

 
Gambar 4
Gambar 5

Pada jendela berikutnya anda sudah masuk ke dalam blog B dengan menggunakan Akun A. Namun posisi anda hanyalah sebagai pengarang pada blog B saja, untuk itu langkah selanjutnya adalah memberi otoritas penuh kepada Akun A untuk mengelola blog B tersebut. Silahkan logout akun A anda.
Keempat : kembali pada jendela browser login blogger anda. Silahkan kembali login menggunakan akun B. Pada bilah menu sebelah kiri pilih setelan + dasar. Pada jendela pilihan, cari Izin + Penulis Blog. Kemudian ubah otoritas Akun A dari pengarang menjadi Admin (gambar 6). Simpan perubahan. Lalu logout akun B tersebut. 

Gambar 6

Kelima : Login kembali blogger anda dengan menggunakan akun A. Pada menu bilah menu sebelah kiri atas, klik tanda panah ke bawah untuk melihat blog anda. Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, maka ke dua buah blog anda sekarang tergabung seperti pada gambar 7.

Gambar 7
Perubahan yang terjadi adalah
Nama Blog
Akun Email
Blog
A
A
Blog Utama
B
Blog yang sudah digabung

Semua tahapan penggabungan dua blog menjadi satu akun sudah selesai. Sekarang anda dapat mengelola semua blog yang anda miliki hanya dalam satu akun saja, sehingga tidak perlu melakukan login berulang-ulang untuk mengelola setiap blog yang anda miliki.
Sekian dari saya, semoga postingan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan. Anda sopan kamipun segan

Post Top Ad

Your Ad Spot