Fungsi dan Cara membuat Label Postingan pada Blog Lengkap - Bro Christo

Blognya Blogger Pemula

Responsive Ads Here
Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday, May 27, 2017

Fungsi dan Cara membuat Label Postingan pada Blog Lengkap




Label atau bahasa lainnya kategori pada blog sebenarnya berfungsi untuk mengelompokkan postingan yang telah dibuat berdasarkan parameter yang telah dibuat. 


Kenapa setiap postingan perlu dibuat label?


Misal, saat kita mencari buku di gramedia, kita tinggal melihat label-label yang diletakkan di atas rak buku tersebut untuk melihat kategori buku yang kita cari, seandainya buku-buku yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan tersebut tidak dikelompokkan maka kita akan kesulitan untuk mencari buku yang relevan dengan pencarian kita. 

Atau saat kita sudah menemukan sebuah buku, pasti kita temukan daftar isi pada buku tersebut untuk mengetahui pada halaman berapa judul yang kita cari tersebut berada. Namun daftar isi lebih mengarah pada sitemap pada blog.

Sama halnya pada blog label yang kita buat akan memudahkan pengunjung blog mencari postingan yang relevan dengan postingan yang sedang dibaca. Selain itu, pihak adsense sendiri menganjurkan agar blog yang kita buat dilengkapi dengan navigasi yang mudah, sehingga memberikan pengalaman kepada pembaca. Salah satu kelengkapannya adalah label yang dibuat pada postingan. 

Seperti blog yang sedang Anda baca ini pada bagian navigasi di atas, Anda bisa melihat menu navigasi yang saya sediakan. Seperti pada gambar, ada kategori Blog dan Adsense. 

Misalkan Anda mengklik salah satu menu tersebut maka Anda akan dibawa pada halaman yang khusus berisi mengenai postingan yang relevan dan tidak menunjukkan postingan yang tidak relevan. Postingan yang relevan tersebut dikelompokkan berdasarkan Label yang telah kita buat pada postingan kita.


Bagaimana cara membuat label pada postingan dan menampilkannya pada Blog?


Langkah Pertama :


Masuk ke dasbor blog Anda. Lihat postingan-postingan yang telah Anda buat sebelumnya. 

Seperti halnya postingan-postingan yang saya buat tersebut masih berantakan labelnya.

Lalu pada satu judul pilih edit. Lalu Anda akan dibawa pada halaman pembuatan postingan.  


Langkah Kedua :


Pada halaman edit tersebut, cari menu label yang terdapat di sebelah kanan kolom postingan Anda. Seperti yang saya tunjukkan pada gambar bahwa label untuk postingan saya masih tidak ada.

Langkah Ketiga :


Klik pada menu label tersebut lalu buatlah sebuah kategori. Misalkan “Blog”. Klik selesai, lalu perbaharui.

Ini berarti Anda akan mengelompokkan postingan tersebut pada label “Blog”. Inilah sebabnya master-master blogger menyarankan kita sebagai blogger pemula membuat sebuah niche pada blog kita.

Contohnya saja blog yang berisi konten yang campur aduk, pasti Anda sendiri sebagai pemilik blog akan kesulitan mengelompokkan postingan Anda sendiri. 

Misalnya Ada cerita tentang “sepeda motor” lalu anda menceritakan lagi tentang “makanan”, lain waktu Anda memposting tentang “artis atau Film”. Lalu akan dimasukkan kemana postingan-postingan tersebut? Apa dibiarkan berantakan saja?

Seandainya pun anda membuat label pada postingan-postingan tersebut, blog Anda akan terlihat amatir karena konten yang dimiliki campur aduk atau gado-gado.

Jadi tentukan tema blog Anda sebelum menulis, maka label yang anda buatpun tidak akan jauh dari tema tersebut.

Ok kita lanjutkan kembali.

Langkah Keempat :


Setelah membuat label pada sebuah postingan tersebut, lalu buat label pada setiap postingan yang Anda buat sesuai isinya. Seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah Kelima :

Pada dasbor Anda, pilih menu tata letak. Letakkan pada salah satu posisi yang Anda inginkan. Dalam contoh blog saya ini, saya meletakkan dan menampilkan label pada “Main Menu”



Usahakan meletakkan menu navigasi tersebut di atas postingan Anda, sehingga pengunjung akan mudah memilih halaman sesuai dengan kategori yang mereka inginkan.


Pilih Main Menu lalu pada field Nama Situs Baru isi dengan Label yang telah Anda buat sebelumnya, kemudian isi URL Situs Baru dengan URL label yang telah Anda buat tadi. Kemudian Tambahkan Tautan. Ulangi lagi sampai semua label yang Anda buat telah ditambahkan. Setelah selesai Simpan.




Dimana melihat URL Label tersebut?


Pada blog Anda, pada bagian sidebar cari menu label. Klik di masing-masing label tersebut untuk melihat URL nya. 

Bila belum ada, kembali pada dasbor Anda, pilih tata letak, pada bagian sidebar klik + Tambahkan Gadget, cari menu Label, lalu konfigurasi label. Maka label akan muncul pada sidebar Anda. 


Langkah Keenam :

Lihat blog Anda, maka akan ada menu pada halaman blog Anda. 
Anda dapat menghapus label yang ditampilkan pada sidebar tadi.

Selesai

Demikian postingan saya mengenai fungsi dan cara membuat label pada blog, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para blogger pemula seperti saya.




No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan. Anda sopan kamipun segan

Post Top Ad

Your Ad Spot