Tips Menulis Artikel dengan Tema yang Menarik Pada Blog Menggunakan Cara Ekstrim - Bro Christo

Blognya Blogger Pemula

Responsive Ads Here
Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday, May 22, 2017

Tips Menulis Artikel dengan Tema yang Menarik Pada Blog Menggunakan Cara Ekstrim



Yes mas bro..

Artikel adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah blog. Terlebih lagi bila artikel yang dimuat sangat menarik. Namun, seperti yang saya katakan sebelumnya tidak semua orang memiliki talenta dalam hal menulis, apalagi membuatnya menarik. Sama seperti saya, kemampuan saya dalam menulis sangat kurang, bahkan pelajaran Bahasa Indonesia saja mendapatkan nilai C (What??). 

Menulis artikel menarik memiliki banyak manfaat bagi boggernya, salah satunya adalah mendatangkan banyak trafik, selain itu para pengunjung blog kemungkinan akan membaca juga artikel lainnya bila artikel pertama yang dibacanya pada blog Anda sangat menarik.

Sebagai seorang blogger sudah tentu syarat pertamanya adalah bisa menulis artikel. Tips atau trik menulis artikel yang sering saya temukan di internet adalah dengan cara menulis tentang hal yang Anda suka dan Anda kuasai. Hal tersebut tidak salah, bahkan sangat efektif untuk perkembangan artikel pada blog. Sudah pasti tidak ada kendala yang berarti dalam menentukan topik-topik artikel yang akan dimuat pada blog. Selain itu pihak adsense sendiri menyarankan hal tersebut (lihat gambar).


Yang menjadi masalah adalah konsistensi dalam menerbitkan artikel tersebut. Manusia pada umumnya memiliki sifat mudah jenuh disamping urusan lain yang benar-benar mendesak. Blog yang sudah besar dan menghasilkan uang, yang memiliki niche yang khusus pun pasti akan berkurang konsistensinya. Intensitas posting artikel pada blog-blog tersebut juga berkurang. Dari yang awalnya menerbitkan 1 atau lebih artikel setiap hari, berkurang menjadi 1 artikel setiap minggu atau bahkan 1 artikel saja setiap bulan. Padahal rata-rata penulis blog tersebut menulis artikel tentang hal yang mereka minati dan kuasai. 

Cara lain dalam menulis artikel adalah dengan “menulis artikel tentang sesuatu yang tidak kita kuasai”. 

Wahahahaha.. Aneh sekali. 

Tapi menurut riset Bro Christo, menulis artikel tentang sesuatu yang tidak kita kuasai adalah sesuatu yang sangat menantang. Kita sudah tentu akan mencari referensi-referensi untuk penulisan artikel pada blog kita. Misalnya blog Bro Christo ini.

Saya sendiri memiliki hobi di bidang musik, bahkan sangat berpengalaman mulai dari teknik arternate picking, stringskipping, legato, pentatonic, swippicking, treenoteperstring, pentatonic, dan lain sebagainya (promosi bro). Sebenarnya akan lebih mudah bagi saya untuk menulis artikel tentang musik ketimbang saya menulis artikel tentang blogger dan adsense yang saya tidak tahu. 

Lalu kenapa saya memilih tema blog yang tidak sesuai dengan minat atau hobi yang saya kuasai?

Disinilah tips nya. Bila saya menulis artikel tentang sesuatu yang saya kuasai maka tidak menutup kemungkinan saya akan merasa jenuh. Apalagi dengan kondisi blog yang tidak menghasilkan uang. Saya akan berfikiran lebih baik menekuninya di dunia nyata dan tidak perlu membagikan ilmunya bila tidak dibayar. Pada akhirnya akan stagnan, karena kehabisan ide.

Lain halnya dengan menulis artikel yang tidak kita kuasai. Sudah pasti sebelum artikel tersebut dibuat, saya melakukan riset sana sini sambil duduk manis dan minum kopi. Biasanya dari satu tema artikel yang saya tulis akan muncul ide lain yang perlu dikembangkan pada penulisan berikutnya. Dan saya selalu menuliskannya di draft saya paling tidak temanya terlebih dahulu untuk kemudian dikembangkan.

Sekarang saya akan menyampaikan tips menulis artikel dengan tema menarik pada blog Anda agar terjaga konsistensinya.

  1. Tentukan terlebih dahulu tema blog Anda bila belum ada.
  2. Cari tema blog yang benar-benar tidak Anda kuasai atau bahkan membuat Anda kecewa.  
  3. Cari referensi tentang tema blog yang Anda buat.
  4. Pelajari dengan singkat, tepat dan jelas referensi-refernsi tersebut
  5. Buat artikel utama / artikel pilar untuk memulai blog Anda kalau perlu artikel yang berisi opini atau sanggahan dari referensi-referensi tersebut.
  6. Buat artikel selanjutnya yang relevan dengan tema blog Anda.

Dengan membaca banyak referensi, kemampuan Anda untuk merangkai kata menjadi suatu kalimat juga akan semakin meningkat. Terlebih lagi bila Anda menyampaikan opini Anda yang berbeda dari yang biasanya dengan cara yang sopan.

Sekian dari saya.. Mari kita posting brother (Inilah semangat blogger newbie)



No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan. Anda sopan kamipun segan

Post Top Ad

Your Ad Spot